RSS

update [O] Panduan Belajar Menulis Arab dengan Khot RIQ’AH

الجمعة 10 محرم 1434 الجمعة 10 محرم 1434

.:: UPDATE ::. Bonus koleksi FONTS ARABIC dan aplikasi FontsVIEWER

Bismillah…

Menulis adalah tahapan kedua dalam tangga menapaki proses menambah ilmu bagi seseorang setelah ia belajar membenarkan lisannya dalam berucap. Sebagaimana layaknya seorang bayi, seperti itulah proses pembelajaran hendaknya kita terapkan pada anak-anak kita yang sengaja kita arahkan untuk mempelajari dinul islam ini.

Ajarkan pada mereka melafadzkan yang benar dan tepat huruf-huruf hijaiyah, bersamaan dengan itu selingilah waktu mereka dengan melatih tangan mereka dengan menulis. Latihlah pertama dengan tulisan yang baku atau standar, misal TULISAN BALOK/TEGAK untuk tulisan latin, dan KHOT NASKHI untuk tulisan arab, baru setelah mereka benar-benar memahami kaidah-kaidah penulisan tersebut dengan tepat, kita berikan contoh model tulisan lain yang lebih simpel dan ringkas yang bermanfaat untuk mereka dikala sangat dibutuhkan untuk menulis dengan cepat, dalam hal ini adalah TULISAN TEGAK BERSAMBUNG untuk tulis latin dan KHOT RIQ’AH untuk tulisan arab.

Berikut kami berikan pada teman-teman semua kitab panduan menulis arab dengan KHOT RIQ’AH. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Juga kami sertakan FONT NASKHI yang merujuk pada Mushaf Utsmani dan FONT RIQ’AH (Copy dan Pastekan di folder FONTS di Control Panel Windows XP/7) untuk lebih memudahkan latihan sehari-hari dengan cara mencetaknya di kertas (diburamkan) untuk kemudian ditebalkan.

Baarokallohufiikum, tafadhol.

Download di sini

Fonts Naskhi Utsmani

Font Riq’ah

.

.:: Update ::.

Download koleksi FONTS ARAB

Aplikasi FontsViewer

 

About abdullah ad-Dasriy al-Banyuwangi

My name is Lovi Eko Meiyono. My Birthday is 17 May 1983. I was born in Banyuwangi East Java. My father's name is Jemakun, and my mother's name is Samiyem. I love both of my parents. I have one brother and sister. My brother is Muhammad Samsul, and my sister is Dwi Fitrianingsih. Actually i have one more, but she was died, her name is Heni Trimulyani, may Alloh bless her. I LOVE THEM ALL. May Alloh give them HIDAYAH to the right path, as i do today. AMIIN
Leave a comment

Posted by on الجمعة 10 محرم 1434 in Uncategorized

 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *